Selasa, 20 Januari 2015

Air Terjun Dolo – Besuki dan Monumen Simpang Lima Gumul - Kediri



Liburan akhir tahun kali ini saya beserta keluarga meng-agendakan perjalanan ke kota Kediri. Kota Kediri adalah salah satu kota besar yang ada di Jawa Timur. Di kota ini terletak industri rokok yang sangat terkenal yaitu pabrik rokok Gudang Garam. Kota Kediri berjarak kurang lebih 124 Km dari pusat ibu kota Jawa Timur yaitu kota Surabaya. Perjalanan ke kota Kediri membutuhkan waktu kurang lebih 3,5 jam jika di tempuh dengan angkutan umum Bus maupun Kereta Api. Perjalanan kali ini pun saya beserta keluarga berinisiatif melakukan perjalanan melalui jalur darat yaitu dengan naik Kereta Api. Selain murah pelayanan Kereta Api sekarang sudah sangat nyaman.


Menanti Kedatangan Kereta Api Di Stasiun
Liburan di Kediri pertama kali saya isi dengan kunjungan ke Monumen Simpang Lima Gumul. Monumen Simpang Lima Gumul merupakan salah satu ikon baru dari kota Kediri Jawa Timur. Berada di persimpangan arah selatan ke Wates/pesantren, Timur Ke Gurah – Utara ke pagu – arah timur laut ke Pare – dan arah ke Barat ke Kota Kediri. Monumen simpang lima gumul merupakan bangunan pertama yang ada di Indonesia yang pembangunannya mirip dengan bangunan L’Arch de Triomphe yang berada di Paris Prancis, mengapa tidak membuat monumen yang menggambarkan ciri khas Kota Kediri, bukankah Kediri dahulu kala merupakan pusat dari kerajaan besar yaitu kerajaan Kediri. Saya sendiri juga gak tau jawabannya, mungkin teman-teman bisa browsing sendiri di google untuk jawabannya.


Monumen Simpang Lima Gumul

Di hari ke dua pun saya beserta keluarga mengunjungi tempat wisata yang ada di lereng gunung wilis-besuki yaitu air terjun Irenggolo dan air terjun Dolo. Air terjun Irenggolo, memiliki ketinggian 1200 M dari permukaan laut, dan terletak di kawasan besuki, tepatnya di gugusan lereng gunung Wilis. Aliran air yang mengalir dari tebing-tebingnya yang setinggi 80 Meter itu membentuk undakan-undakan kecil dengan pemandangan alam yang luar biasa indah dan ditambah dengan udara yang dingin dan sejuk.
Air terjun ini berjarak 28 Km arah barat daya kota Kediri, hanya 40 menit berkendara dan bisa dilalui dengan mudah, karena jalan yang mengantarkan ke air terjun pun relatif mudah dan mulus. Dekat dengan air terjun Irenggolo, terdapat pula air terjun Dolo yang terletak 4 Km dari Irenggolo, dengan ketinggian 90 Meter.


Air Terjun Irenggolo

Perjalanan menuju lokasi air terjun Irenggolo dan air terjun Dolo medannya benar-benar menantang serta menguji nyali anda. Selama perjalanan pemandangan tebing-tebing yang curam akan selalu kita jumpai. Bahkan untuk menuju lokasi nya pun sejak dari tempat parkiran kendaraan juga sangat menantang dan memicu adrenalin kita. Track jalan yang sempit di tengah-tengah hutan belantara menjadi tantangan tersendiri. Tak luput pula pemandangan alam yang masih asli serta pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi ciri khas dari kawasan hutan pegunungan.
Untuk masuk ke lokasi wisata air terjun ini, pemerintah kabupaten Kediri mengenakan tarif yang cukup murah. Satu orang hanya di kenakan tarif sebesar 7000 rupiah langsung untuk dua lokasi air terjun. Lahan parkir hanya di kenakan biaya 2000 rupiah.


Jalan Setapak Menuju Lokasi Air Terjun

 Salam blogger dan selamat mengisi waktu libur akhir tahun anda bersama keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalender /harian

Ada kesalahan di dalam gadget ini