Jumat, 13 Juni 2014

Kebun Raya Unmul dan Kampung Dayak Kenyah Pampang – Samarinda - Kaltim



Jadi teringat beberapa tahun yang lalu waktu berkunjung ke kota Samarinda. Ya, kota Samarinda adalah salah satu kota besar yang ada di Kalimantan Timur. Di kota tersebut terdapat 2 tempat wisata yang sangat terkenal yaitu Kebun Raya Unmul dan Kampung Adat Dayak Kenyah di Pampang. Kebun Raya Samarinda merupakan obyek wisata yang unik karena memadukan rekreasi dengan pendidikan seputar alam dan lingkungan. Luas keseluruhan kebun raya ini adalah 300 hektar. Pada awalnya, kebun raya ini merupakan areal HPH CV Kayu Mahakam. Pada tahun 1974, pemiliknya menyerahkan 300 hektar di kawasan Gunung Kapur kepada Universitas Mulawarman untuk dijadikan sebagai hutan konservasi.
Ketika masuk ke dalam kawasan kebun raya, pengunjung akan merasakan suasana hutan yang begitu sejuk. Untuk memasuki area utama kebun raya pengunjung perlu berjalan sepanjang satu kilometer. Selama dalam perjalanan, pengunjung dapat melihat-lihat dan menikmati pohon-pohon lebat yang sebagiannya telah diberi label lengkap dengan nama spesiesnya. Meski jalannya beriku-liku dan berbukit-bukit, pengunjung bisa terhibur dengan kicauan burung dan suara monyet yang saling bersahutan.


Pintu Masuk Kebun Raya Unmul Samarinda
Salah satu keistimewaan di kebun raya ini adalah adanya kebun binatang yang sangat luas. Di kebun binatang terdapat sejumlah orangutan yang memang sengaja dilepas namun sudah jinak agar pengunjung bisa langsung berinteraksi. Di samping orangutan juga ada binatang-binatang lainnya, seperti sepasang ular cobra, burung enggang, burung kakatua, kuda poni, burung cendrawasih, buaya, kancil, dan landak. Hanya saja, pengujung perlu menaiki anak tangga bukit yang cukup tinggi. Meski demikian, kondisi ini rupanya telah menjadi daya tarik bagi pengunjung dari berbagai daerah, termasuk dari luar Kalimantan Timur.
Kebun Raya Samarinda terletak di sebelah utara Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.Pengunjung yang akan menuju lokasi dapat menggunakan jalur darat, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Jarak dari Kota Samarinda adalah 20 km atau sekitar 30 menit waktu perjalanan. Sebagai catatan, untuk sampai ke area utama kebun raya, pengunjung perlu menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan khusus yang tersedia, kecuali harus berjalan kaki.

Danau buatan yang ada di Kebun Raya Unmul
Selain kebun raya Unmul yang ada di Samarinda, saya juga menyempatkan berkunjung ke Kampung Dayak Kenyah – Pampang. Suku Dayak Pampang adalah sub etnis dari Dayak Kenyah, menurut cerita dari penduduk disana pada awalnya Pampang merupakan hutan belantara, tapi setelah 35 warga dari Dayak Kenyah Desa Long Us , Apokayan, Kabupaten Bulungan berpindah tempat tinggal dan menetap di Pampang akhirnya berkembang sampai seperti sekarang ini. Hingga penduduknya berkembang sampai 1000an jiwa.
Keunikan dari Desa Pampang sendiri adalah warganya yang tetap teguh mempertahankan budaya nenek moyang sebagai tradisi yang terus mereka lestarikan, meskipun pengaruh modern selalu masuk ke sana menyadari jumlah pengunjung wisata lokal maupun mancanegara yang terus mengalir tiap harinya . 
Satu lagi yang sangat menarik adalah budaya Dayak bertelinga panjang yang akan ditemui di Desa Pampang salah satu daerah yang masih dapat kita temukan dari beberapa tempat lain seperti Desa Sungai Bawang.

Salah Satu Tarian Adat Suku Dayak Kenyah - Pampang
Perjalanan ke kampung adat Pampang terbilang mudah , tidak perlu naik turun gunung ditengah belantara hutan seperti yang kita bayangkan sebelumnya, karena fasilitas akses jalan menuju kesana sudah memadai , jalan sudah beraspal mulus. Mungkin memang sudah adanya perhatian khusus dari pemerintah daerah untuk mempersiapkan Perkampungan Dayak Kenyah ini sebagai obyek wisata andalan Kalimantan Timur.
Letaknya tidak terlalu jauh dari kota Samarinda, hanya sekitar 20 an KM, tepatnya di Sungai Siring, Kota Samarinda. Sekitar bulan Juni 1991 , Desa Pampang di resmikan sebagai Desa Budaya oleh gubernur Kaltim HM Ardans ( Gubernur pada saat itu)

Rumah Adat Dan Anak-Anak Suku Dayak Kenyah
Salam blogger dan selamat mengisi waktu libur akhir tahun anda bersama keluarga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalender /harian

Ada kesalahan di dalam gadget ini